Fenomena Blog

Aditya RK*

Superb!!! Blog tidak dapat dianggap remeh. Blog kini bahkan sudah menjadi kekuatan untuk menyebarkan informasi. Bagi orang yg sering meluangkan aktifitasnya didunia maya, maka sudah tidak asing lagi dengan istilah blog.
Blog adalah turunan dari diary yg ditampilkan dan dituangkan dalam internet. Didalam blog kita bisa sebebas-bebasnya berekspresi; menuangkan ide, membagi lagu atau video kesukaan, meng-upload photo2 atau bahkan berbisnis. Fenomena blog kini kian menjamur, bahkan orang-orang penting sudah mencoba meluangkan waktunya untuk membuat dan berbagi pengalaman lewat blog. Sudah dapat
dibayangkan ternyata informasi telah terbuka selebar-lebarnya, tiap orang dapat berekspresi sekuat-kuatnya dan sudah tidak ada lagi hambatan untuk menumpahkan jati diri. Bagi orang yang seneng ber-traveling (backpacker) akan membagi informasi tempat-tempat indah, makanan yg lezat, hotel indah dan murah, serta tempat hiburan2 yg bisa dikunjungi. Bagi penggemar game bisa berbagi informasi tentang tips2 cheat dan game2 terbaik. Bagi orang sukses akan bercerita pengalaman yg didapat dan bagaimana cara mendapatkan kesuksesannya. Atau bahkan untuk orang2 medioker (yg tidak punya ide berbagi) mereka biasa menampilkan foto2 mereka ditempat2 terkenal dan sharing musik2 kesukaan dll. Dan banyak cerita yg lain.
Fenomena blog hampir sama ketika handphone, email, atau bahkan jejaring sosial muncul. Semuanya mempunyai benang merah yang sama, yaitu kepemilikan pribadi yang menunjukan identitas diri. Handphone telah berhasil menggantikan line telephone ataupun telephone umum. Masyarakat kini menyadari bahwa mereka butuh privasi dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, mereka bisa menghubungi orang yg dicintai atau bahkan meng-arrage meeting point tanpa harus menunggu telp berdering dirumah atau mencari telp umum didepan pos hansip. Email telah berhasil menggusur keberadaan air mail yg sangat vital perannya dimasa perang ataupun dimasa pacaran orang tua kita. Hanya perlu tersambung dgn internet kita bisa mengirim atau menerima pesan dari teman kita dari belahan bumi lain dgn sekejap (kecuali meng-attach file 10Mb diwarnet deket Dipati Ukur). Kini peran hanphone dan email pun dijewantahkan dalam bentuk businesscard. Dalam kartu nama kita selalu mencantumkan no handphone dan email pribadi kita. Kita semakin yakin dgn jati diri kita ketika no HP dan email merekat dalam identitas kita. Tapi ternyata HP dan email belum cukup, layanan lainpun disodorkan.. ..jejaring sosial, seperti friendster, myspace, facebook dll. Kekuatan yg ingin dibangun adalah harapan kita dapat tetep membangun network, bertemu teman lama dan berkenalan dgn teman baru. Seiring dgn persaingan jejaring sosial, blog kita muncul. Provider dahulunya menyediakan fasilitas blog dalam jejaringsosialnya, namun kini tersedia provider khusus penyedia Blog seperti wordpress, blogspot dll.
Hebat!!! manusia sekarang kian menyadari ‘menjual diri’ untuk berbagi kepada masyarakat. Domain yang dahulunya dimiliki oleh orang2 berkuasa, terkenal, berpengetahuan dan memiliki uang kini berubah haluan. Kita mungkin tidak perlu mengundang artis dlm talkshow lagi, mungkin tidak perlu mengundang Steve Jobs atau Bill Gates tuk bercerita, atau siapapun itu yg kita anggap hebat untuk mendapat informasi darinya. Hanya dgn blog, mereka bisa membagi cerita mereka.

Tidak ada marketing tanpa bias, begitupun dalam blog. Berbagi pengalaman positive atau menunjukan kepada orang dimana saya berada sekarang adalah yg sering dilakukan. Jarang kita berbagi kegagalan, kehilangan, dan kesedihan yg mungkin bagi sebagian orang sangat diperlukan (bkn berbagi aib loh..). Bagi saya pribadi ,yang belum mempunyai blog, telah dapat memperoleh pelajaran berharga dgn keberadaan blog ini. Jika blog anda ingin sering dikunjungi, isilah dgn pemikiran2 yang bermanfaat, pengalaman2, dan tips2 hidup. Jika anda mengisi blog anda hanya untuk menunjukan ‘siapa anda’ dgn cerita2 keluar negeri, photo2 anda ditempat terkenal atau dgn orang
terkenal, maka jejaring sosial cukup bagi anda. Mari kita jadikan blog
tempat berbagi ilmu.

*Penulis adalah mahasiswa master tahun pertama

Leave a Reply