[Zebra:03] Perancangan Reaktor Nuklir

Oleh : Hafiyan

Ookayama(5/30) – telah diadakan Zebra di International Students Center di kampus Gunung-Bukit-Besar (O-okayama).
Zebra kali ini berlangsung dari sekitar pukul 17.20 hingga 19.30 dengan materi dari Mas Topan Setiadipura dari Obara Lab mengenai desain reaktor nuklir.

Peserta kurang lebih ada 50 orang dengan margin of error 40 orang (maaf, lupa dihitung…), dan untuk Zebra kali ini, kita kedatangan tamu dari LIPI dan Toshiba.

Mas Topan membagi presentasi menjadi secara garis besar 3 sesi. Di sesi pertama, dijelaskan secara garis besar mengenai reaktor nuklir: hal-hal yang penting dari reaktor nuklir, isu-isunya, potensinya, peluang pengembangannya, dan tujuan. Di sesi kedua, dijelaskan secara garis besar dasar-dasar teori fisika dan matematika yang dipakai dalam mendesain reaktor nuklir. Di sesi terakhir, Mas Topan menjelaskan mengenai riset Mas Topan sendiri.

Kemudian ada sesi tanya jawab juga, walaupun sebagian besar dari tanya jawab sudah berlangsung sejak di tengah presentasi.

Berikutnya, saya mencantumkan beberapa poin dari presentasi yang sempat saya catat… mohon maaf jika ada yang salah dan banyak yang kurang…

1. Ada beberapa jenis reaktor nuklir, seperti Pressurized Water Reactor, Boiling Water Reactor dan sebagainya.

2. Reaktor nuklir memiliki output power yang luar biasa besar yang sulit disaingi bahan bakar fosil ataupun energi-energi alternatif.

3. Tantangan-tantangan yang dihadapi pengembangan reaktor nuklir diantaranya masalah biaya pembangunan reaktor, terbatasnya sumber daya alam, kemungkinan terjadi accident, kemungkinan penyalahgunaan bahan bakar untuk bom, sampah nuklir, dan lain-lain.

4. Peluang riset di nuklir berkaitan dengan menghadapi tantangan-tantangan tersebut, diantaranya, menekan biaya pembangunan, mengefisienkan penggunaan bahan bakar, merancang reaktor yang memiliki inherent safety, membuat bahan bakar yang sulit dipakai untuk bom, merancang reaktor yang bisa memakai sampah nuklir sebagai bahan bakar, dan sebagainya.

5. Banyak dasar teori yang dipakai dalam desain reaktor nuklir berkaitan dengan reaksi inti yang dipicu oleh neutron. Diantaranya, reaksi-reaksi yang mungkin terjadi ketika suatu bahan bersentuhan dengan neutron, dan matematika yang menganalisis pemanfaatan rekasi tersebut.

6. Isu-isu dalam pembangunan reaktor nukir di Indonesia, termasuk pencegahan agar musibah seperti di Chernobyl atau Fukushima bisa dihindari.

Akhir kata, semoga kita bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari acara Zebra kali ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

 

Leave a Reply