WOW, Total Paper TICA yang Telah Terkumpul Mencapai 125 Paper

Penulis : Bentang Arief Budiman

Ookayama (11/10/12) - Luar biasa..!! itulah kesan pertama panitia Tokyo Tech Indonesia Commitment Award (TICA) setelah menghitung jumlah paper yang masuk pada program TICA tahun ini. Hingga batas penutupan pada rabu, 10 oktober 2012 malam, tercatat 125 paper masuk ke panitia. Dengan jumlah ini, TICA 2012 mencatat kenaikan jumlah lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 62 paper. Jumlah ini terbilang tidak begitu mengejutkan, jika dilihat dari gencarnya publikasi oleh panitia dan juga antusiasme TICA yang telah berumur 3 tahun. Banyak spekulasi yang mencoba untuk menganalisis mengapa paper TICA tahun ini bisa lebih banyak 2 kali lipat, sebagian besar setuju bahwa hadiah TICA tahun ini dirasa lebih menggiurkan, yaitu studi banding ke Tokyo Institute of Technology plus jalan2 keliling kota Tokyo.

Program TICA pertama kali muncul sebagai rangsangan para mahasiswa untuk menuliskan dan mempublikasikan hasil riset mereka. Mengingat jumlah paper yang ditulis di Indonesia terbilang sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang ada. TICA muncul dengan semangat berkontribusi warga dan alumni PPI Tokodai dengan memberikan dukungan materil.

125 paper ini selanjutkan akan diseleksi kelengkapan, termasuk administrasi dan kelengkapan penulisan sebelum akhirnya dilakukan uji materi dari paper tersebut. Reviewer yang akan menilai paper tersebut adalah asisten professor dan juga graduate student yang telah berpengalaman menulis paper dibidang masing-masing. Dengan standar pernilaian yang telah ditetapkan panitia, program TICA diharapkan menghasilkan pemenang yang terbaik untuk diundang ke Tokyo Institute of Technology, dan mempresentasikan hasil paper mereka didepan professor di kampus tersebut.

Dengan komitmen dan semangat ingin memajukan riset di Indonesia, panitia TICA berharap, tujuan mulia ini dapat tercapai dengan baik.

Leave a Reply