[ZEBRA 2012: 1] Zebra Perdana di Tahun 2012-2013 (Teknologi Wireless 60 GHz)

Penulis : Nur Akmalia
Editor: Bentang Arief Budiman

Ookayama(17/10/12) –  pukul 5 sore menjadi awal dari seminar bersama (ZEBRA) warga PPI Tokodai. Menghadirkan pembicara Nurul Fajri, acara perdana tersebut berlangsung cukup meriah. Fajri membuka zebra dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Beliau datang ke Jepang pada 2 April 2007. Sempat belajar bahasa Jepang selama 1 tahun di Japanese Language Education Center, Tokyo. Lalu mengambil program D3 dan akhirnya melanjutkan studi S1 ke Tokodai. Beliau juga berencana melanjutkan program master di bidang dan universitas yang sama.

Setelah itu, fajri menjelaskan tentang tugas akhirnya selama menempuh program D3 tentang komunikasi menggunakan wireless. Beliau mengoptimasinya dengan metode genetic algorithm. Berbicara tentang kampusnya terdahulu, system perkuliahan di mantan tempat kampusnya mirip SMA, dimana waktu belajar masih fix. Pelajarannya pun lebih banyak praktek daripada teori.

Pengalaman paling mengesankan adalah ketika mengikuti Robocom Research Group. Beliau menjelaskan bahwa setiap tahunnya research group tersebut menghabiskan dana setara dengan harga satu buah mobil prius. Kebanyakan donatur berasal dari dana sekolah dan alumni.

Saat ini riset beliau berkonsentrasi tentang optimasi wireless 60 GHz. Wireless 60 GHz memiliki keunggulan karena memiliki bandwidth yang sangat besar disbanding wireless yang ada saat ini. Diperkirakan, dibandingkan wireless LAN 2.4 GHz, wireless 60 GHz memiliki bandwidth hamper 10 kali lipat. Mimpi yang ingin dicapai dari penggunaan wireless ini adalah kemampuan untuk berkomunikasi, khususnya dalam mentransfer data yang cukup besar. Mungkin saja, dengan bandwidth besar dan kecepatan yang tinggi,  kita bisa menemukan teknologi mengirimkan paket barang, bahkan manusia, seperti yang ada di film2 sains fiksi, ujarnya sambil tersenyum.

Zebra kali ini juga membahas sedikit terkait program TICA yang sedang berjalan. Dipimpin oleh Nur Ahmadi, Program TICA menuju acara puncak.

Leave a Reply