Memperpanjang visa short-term stay di Jepang ternyata mudah!

Penulis : Bentang AB
Editor : Natalia Maria Theresia

Tokyo (26/10/2012) Siapa bilang memperpanjang visa short-term stay di Jepang sulit? Kembali, pengurus PPI Tokodai membuktikan bahwa pelayanan imigrasi jepang memang  nyaman untuk para pelancong dari luar negeri. Singkat cerita, salah seorang keluarga warga PPI Tokodai ingin memperpanjang visa short-term stay nya yang hanya 15 hari.

Keinginan memperpanjang untuk menjadi 1 bulan awalnya dirasa sulit, terlebih, divisi pelayanan anggota PPI Tokodai belum pernah mengurus perpanjangan visa 15 hari ini. Namun, seperti kata pepatah, malu bertanya sesat dijalan, pengurus PPI Tokodai mencoba untuk menggali kemungkinan memperpanjang visa dari 15 hari menjadi 1 bulan. Konsultasi dengan pegawai imigrasi di Kampus Suzukakedai sayangnya kurang memberikan harapan positif akan kemungkinan memperpanjang visa tersebut. Namun, dengan semangat maju terus pantang mundur,tim divisi pelayanan anggota PPI Tokodai memutuskan untuk mendatangi langsung kantor imigrasi Jepang di Shinagawa.

Berdasarkan narasumber kami,  Baharrudin Maghfuri, mantan ketua PPI Tokodai  2009/2010 yang kini berdomisili di universitas tetangga, beberapa dokumen penting standar yang harus disiapkan untuk perpanjangan visa keluarga mahasiswa yang sedang berkunjung adalah sebagai berikut:
1. Extension for period of stay application form
2. Pasport
3. Bukti living allowance : Sertifikat beasiswa atau rekening bank (sebisa mungkin yg menunjukkan keuangan yang kuat)
4. Reason Letter.
5. Alien registration Card
6. Pasport dan college student visa
7. Student Registration Certificate

Dari persyaratan di atas, belakangan diketahui diperlukan juga bukti pemesanan tiket pulang ke Indonesia yang harus disertakan. Perlu diketahui, tiket round way biasanya terdiri dari 2 katagori, 1 bulan open dan 3 bulan open. Selama waktu tersebut, kita dapat mengganti jadwal sesuka hati dengan menghubungi kantor maskapai penerbangan yang bersangkutan cabang Tokyo.  Setelah perubahan jadwal dilakukan, bukti perubahan jadwal inilah yang dapat digunakan untuk mengurus perpanjangan visa.

Setibanya di Kantor Imigrasi, tim pengurus menjelaskan maksud perpanjangan, serta menunjukan dokumen-dokumen tersebut ke bagian konsultasi imigrasi bagian B di lantai 2. Setelah dokumen dikumpulkan, pengurus diminta untuk menunggu selama 2 jam untuk memproses perpanjangan visa. Akhirnya, perpanjangan visa short-term stay didapat. Ada biaya tambahan berupa pembelian material seharga 4000 yen per visa.

Demikianlah prosedur perpanjangan visa berdasarkan pengalaman yang dialami Tim Pengurus. Cepatnya pengurusan perpanjangan visa ini menjadi tanda bukti bahwa Jepang sangat ramah dengan warga asing. Tentunya hal ini juga kita harapkan dapat diteladani oleh sistem administrasi kita di Tanah Air.

 

Leave a Reply