Kegiatan Kuliah

Back

Seputar kegiatan kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Laporan Belajar
  2. Surat Keterangan Berlibur
  3. Kelulusan/Selesai Tugas Belajar
  4. Persiapan Akreditasi Ijazah di Indonesia

[More:]

1. Laporan Belajar

Seluruh Mahasiswa, Karyasiswa, Trainee, dan Researcher yang sedang tugas belajar/ training di Jepang, diharuskan menyampaikan Laporan Belajar kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, dan kepada Pimpinan Instansi di Indonesia yang memberi tugas belajar ke Jepang.Laporan Belajar ini harus disampaikan menurut periode setiap tiga bulan, yaitu periode : Januari-Maret; April-Juni; Juli-September; dan Oktober-Desember. Formulir Laporan Belajar dapat diperoleh di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, dan juga diberikan pada saat Mahasiswa/Karyasiswa yang bersangkutan melapor di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.

2. Surat Keterangan Berlibur

Bagi para Mahasiswa/Karyasiswa (terutama yang memiliki paspor dinas/biru) yang akan berlibur/kembali sementara ke Indonesia diharapkan membawa surat pengantar dari Kedutaan Besar RI di Tokyo untuk keperluan meminta exit permit dari Departemen Luar Negeri di Jakarta.

Untuk mendapatkan surat keterangan berlibur/kembali sementara ke Indonesia diperlukan persyaratan :

  1. Sudah melapor/terdaftar di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.
  2. Telah menyampaikan laporan belajar sampai periode tiga bulan terakhir.
  3. Formulir Permohonan Surat Berlibur kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (formulir ini dapat diperoleh di Bidang Dikbud KBRI Tokyo).
  4. Surat keterangan izin berlibur dari pimpinan/dosen pembimbing pada perguruan tinggi yang bersangkutan.
  5. Memiliki izin Re-Entry dari Kantor Imigrasi Jepang.
  6. Melampirkan Surat Persetujuan Sekretariat Kabinet RI yang masih berlaku.
  7. Photocopy paspor yang bersangkutan. (Hal. : Pemilik, Masa berlaku Paspor, Visa, Re-entry)
    Biaya Administrasi [berlaku mulai 1 Juli 2002] sebesar 1.500 yen.
  8. Diurus paling lambat 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Apabila diurus melalui pos, harap melampirkan amplop yang sudah ditulisi nama dan alamat lengkap serta perangko seharga 80 yen.

3. Kelulusan/Selesai Tugas Belajar

Para Mahasiswa/Karyasiswa yang lulus program atau telah menyelesaikan tugas belajarnya di Jepang, diharuskan melapor di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, dengan menyampaikan/ mengisi Formulir Kelulusan/Selesai Tugas Belajar. Bagi para Mahasiswa/Karyasiswa yang akan melegalisasi ijasah/surat tanda tamat belajarnya (baik dalam bahasa Jepang atau terjemahannya), dipersilahkan datang di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, dengan persyaratan :

  1. Sudah melapor/terdaftar di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.
  2. Telah menyampaikan laporan belajar sampai periode tiga bulan terakhir.
  3. Melampirkan Laporan Kelulusan/Selesai Tugas Belajar. (formulir ini dapat diperoleh di Bidang Dikbud KBRI Tokyo).
  4. Membawa Ijazah/surat tanda tamat belajar dan Transcript of Record yang sudah diperbanyak/ diphotocopy (setiap macam sebanyak 5 lembar).
  5. Melampirkan amplop yang sudah ditulisi nama dan alamat lengkap, serta perangko secukupnya seharga berat pos yang akan dikirim.
  6. Membuat surat permohonan kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo.

4. Persiapan Akreditasi Ijasah di Indonesia

Bagi mereka yang telah menyelesaikan studinya di Jepang, perlu mendapatkan pengesahan ijasah dari Dikjen Dikti, Depdikbud di Indonesia. Berikut prosedur permohonan penilaian ijasah :

Mengisi formulir permohonan penilaian yang telah disediakan di Sekretariat Kelompok Kerja Penilaian Ijasah Pendidikan Tinggi Luar Negeri (Ditjen Dikti, Pintu I Senayan, Jakarta).

Tatap muka untuk meyakinkan semua kebenaran dokumen. Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penilaian ijasah Pendidikan Tinggi di Jepang :

  • Ijasah SLTA disertai daftar nilai.
  • Ijasah Sarjana Muda dan Sarjana di Indonesia bagi yang lulus S1 di Indonesia.
  • Ijasah dalam bahasa Jepang dan terjemahannya dalam bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi (PT) yang bersangkutan.
  • Transcript of record selama pendidikan di Jepang (dalam bahasa Inggris).
  • Untuk karyasiswa dengan biaya pemerintah : surat tugas belajar dari Setkab / instansi yang bersangkutan. Untuk biaya sendiri/swasta : surat tanda lapor dari Deplu dan surat screening bebas G30S/PKI atau kelakuan baik dari KBRI Tokyo atau kepolisian setempat.
  • Katalog atau handbook dari PT yang bersangkutan.
  • Tesis / disertasi.
  • Pasfoto ukuran 4×6 (cm), 4 lembar.

Catatan : bagi mereka yang belajar di Jepang atas biaya sendiri dan tempat belajar dipilih sendiri tanpa persetujuan dari Monbusho, diperlukan pula legalisasi ijasah oleh Atdikbud KBRI di Tokyo.

Back