FAQ

Frequently Asked Question (FAQ)

berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan TICA. apabila ada pertanyaan, dipersilahkan juga untuk bertanya pada kolom komentar di bawah, atau melalui email : infotica@ppi-tokodai.net

1. Apa itu TICA?

TICA adalah bentuk komitmen mahasiswa Indonesia di Jepang, lebih khusus di Tokyo Institute of  Technology, atas kepedulian terhadap pendidikan dan riset di Indonesia. Dengan tujuan untuk mendorong Inovasi mahasiswa, serta memajukan teknologi dan science di tanah air, maka TICA mendorong para mahasiswa muda untuk berkreasi melalui penulisan karya ilmiah (paper). Acara puncak TICA adalah presentasi 3 paper terbaik dari kompetisi paper TICA, dan Seminar dengan para pakar dari Indonesia dan Jepang  untuk berdiskusi dan memajukan science dan teknologi di Indonesia. untuk lebih lengkap silahkan lihat laman berikut

2. Kapan batas akhir tanggal pengumpulan paper TICA?

Batas akhir tanggal pengumpulan paper tica adalah 1 September 2013, pukul 23:59 WIB (atau pukul 01:59 JST). disarankan kepada para peserta agar tidak mengumpulkan paper pada waktu-waktu akhir karena dikhawatirkan server penuh. panitia tidak bertanggung jawab atas keterlambatan waktu pengumpulan disebabkan sistem. disarankan agar mengumpulkan di awal waktu karena apabila ingin melakukan perubahan/revisi, paper terbaru dapat di-submit kembali dan panitia akan menggunakan paper terakhir yang dikumpulkan.

3. Bagaimana cara submit paper TICA?

submit dapat dilakukan pada laman for-participant->paper submission. peserta akan melakukan pendaftaran (registrasi) terlebih dahulu dengan memasukkan biodata penulis pertama (first author). setelah registrasi, peserta akan dikonfirmasi melalui email dan mendapatkan nomor ID untuk melakukan login dan men-submit papernya.

4. Bagaimana format paper yang digunakan untuk TICA?

paper yang dikumpulkan adalah paper menggunakan bahasa indonesia, dengan judul dan abstrak menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris. Paper dikumpulkan dalam format pdf, bukan doc maupun docx. adapun format yang disediakan panitia dalam bentuk doc untuk memudahkan peserta dalam menggunakan format yang diberikan.

untuk format lengkap dapat dilihat pada laman for-participant->author guideline, atau Download.

5. Mengapa TICA tahun ini paper yang dikumpulkan berbahasa indonesia padahal tahun lalu bahasa inggris?

TICA berkomitmen untuk memajukan riset dan pendidikan Indonesia melalui kompetisi karya ilmiah (paper) kepada mahasiswa muda di seluruh Indonesia. kami berharap bahwa peserta TICA tidak hanya didominasi oleh mahasiswa jawa dan sumatra saja, tetapi juga seluruh Indonesia. oleh karena itu kami mewajibkan para peserta untuk mengumpulkan paper dalam bahasa indonesia. kami juga berencana akan membuat prosiding dari 50 paper terbaik dalam bahasa indonesia dan dibagikan hasilnya kepada universitas di seluruh Indonesia.

6. Siapa yang boleh mengikuti kompetisi paper TICA?

Seluruh mahasiswa Indonesia yang masih berstatus mahasiswa sarjana/diploma 4 pada tahun 2013, atau yang telah lulus pada tahun 2013. mahasiswa program pasca-sarjana atau mahasiswa sarjana lulus tahun 2012 (dan sebelumnya) tidak diperkenankan untuk ikut kompetisi ini.

7. Apa hadiah kompetisi paper TICA?

Kami memberikan hadiah berupa tour ke Tokyo dan sekitarnya kepada 3 paper terbaik hasil penilaian dewan juri TICA. selain itu kami juga akan memberikan plakat dan sertifikat kepada 9 paper terbaik. kami juga akan membuat prosiding yang berisi 50 paper terbaik TICA 2013.

8. Siapakah yang berhak berangkat sebagai pemenang TICA?

3 paper terbaik akan mendapatkan hadiah tour ke Tokyo. pemenang yang berangkat adalah salah satu dari penulis paper tersebut (first author atau co-author) yang ditentukan oleh pemenang tersebut. pemenang akan dihubungi panitia secara langsung untuk teknis kedepannya. Panitia menyediakan VISA, transportasi, dan akomodasi selama di Tokyo.

9. Berapakah jumlah penulis maksimal dari sebuah paper?

Jumlah maksimal penulis tidak dibatasi, namun jumlah minimal harus terdiri dari dua (2) orang yaitu seorang penulis dan satu orang pembimbing dari universitas yang sama dengan penulis.

10. Apa nama file yang dikumpulkan harus berupa kode ID yang didapat ketika registrasi?

Tidak perlu. Nama file bebas untuk dikumpulkan. Nama file akan diubah dan diupdate secara otomatis oleh sistem kami. peserta juga dapat melakukan update paper dengan cara mengupload ulang file terbaru sampai batas deadline. file yang akan disimpan panitia adalah file terakhir.

11. Apakah pembimbing harus ada?

Ya. Pembimbing dari universitas penulis harus ada minimal satu orang.

 

 

Leave a Reply